Purwakarta - Pegunungan Batu Berusia Jutaan Tahun


Menurut Peneliti Pusat Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Bogor Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Dr Iyan Robiansyah M.Sc mengatakan, gunung batu atau secara ilmiah disebut "Inselberg" adalah formasi batuan yang muncul dan menjulang di permukaan bumi.

Di Purwakarta, gugusan inselbergs dapat ditemukan di daerah sekeliling Danau Jatiluhur. Tersusun dari jenis batuan andesit, sebagian kerucut-kerucut batu ini merupakan masih bagian dari Pegunungan Sanggabuana yang terletak di Kabupaten Karawang.

Dijelaskannya, usia dari Inselberg ini diperkirakan telah ada sejak zaman Pliosin atau lebih kurang 4 juta tahun.

Beberapa inselberg di Purwakarta yang sanga terkenal adalah Gunung Cilalawi (448 m), Gunung Parang (780 m), Gunung Bongkok (900 m), Gunung Lembu (660 m). Gunung Salasih (640 m), Gunung Lesang (470 m), Gunung Haur (570m) n Gunung Tengah (500 m).

Inselberg di Purwakarta sangat kaya keanekaragaman tumbuhan. Hasil survei di tujuh inselberg di Purwakarta terdapat 355 jenis tumbuhan yang berasal dari sekitar 86 suku.

Bahkan, yang sangat membanggakan terdapat sekitar 8 jenis pohon yang secara internasional dilindungi dan masuk daftar merah International Union for Conservation of Nature and Natural Resources (IUCN Red List).

Kedelapan jenis itu adalah Manggis Hutan (Garcinia indica), Angsana (Pterocarpus indicus) Ki Uncal (Heritiera longipetiolata), dan Psydrax dicoccos yang berstatus rawan (Vulnarable), Palahlar Gunung (Dipterocarpus retusus), Palahlar (Dipterocarpus hasseltii) yang berstatus genting (Endangered), serta dua jenis Shorea sp. yang kemungkinan merupakan catatan baru untuk penyebarannya di Pulau Jawa dan berstatus kritis (Critically Endangered).

Oleh karena itu, dikarenakan potensi maka kawasan tersebut perlu sangat dijaga kelestarianya. Kebiasaan buruk seperti buang sampah sembarangan, vandalisme (curat-coret) pada batuan hingga eksploitasi tanpa regulasi sangat dilarang karena akan merusak lingkungan.

0/Post a Comment/Comments

CAKRAWALA Cyber

👁️‍🗨️ Dibaca :